Minggu, 02 Februari 2020

MALUKU UTARA

Maluku utara

1.Gambaran umum :

     Maluku Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia. Maluku Utara resmi terbentuk pada tanggal 4 Oktober 1999, melalui UU RI Nomor 46 Tahun 1999 dan UU RI Nomor 6 Tahun 2003. Sebelum resmi menjadi sebuah provinsi, Maluku Utara merupakan bagian dari Provinsi Maluku, yaitu Kabupaten Maluku Utara dan Kabupaten Halmahera Tengah.
     Pada awal pendiriannya, Provinsi Maluku Utara beribukota di Ternate yang berlokasi di kaki Gunung Gamalama, selama 11 tahun. Tepatnya sampai dengan 4 Agustus 2010, setelah 11 tahun masa transisi dan persiapan infrastruktur, ibukota Provinsi Maluku Utara dipindahkan ke Kota Sofifi yang terletak di Pulau Halmahera yang merupakan pulau terbesarnya.

2.Potensi wisata :

  • Alam :

Ternate merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Maluku Utara. Kota yang memiliki banyak benteng tersebut memang terkenal dengan wisata sejarahnya. Ternate juga terkenal oleh sejarah rempah dan kerajaannya.


1.Pantai Sulamadaha
Pantai berpasir hitam yang eksotis ini dekat dengan Pulau Hiri, salah satu spot diving populer di Ternate. Selain eksotis karena pasir hitam lembutnya, pantai ini juga memiliki pemandangan pegunungan dan pulau-pulau di seberangnya.
Wisatawan bisa menikmati perjalanan melintasi pulau menggunakan kapal-kapal bermesin milik masyarakat. Warga sekitar juga banyak menjajakan kudapan tradisional di sisi pantai, yang tentunya bisa dicoba wisatawan.


2. Hol Sulamadaha

Hol Sulamadaha merupakan teluk yang bersebelahan dengan obyek wisata Pantai Sulamadaha, bisa ditempuh hanya dengan 10 menit berjalan kaki dari sana. Keduanya terletak 14 kilometer dari pusat Kota Ternate.
Di sinilah salah satu taman laut yang menakjubkan di Ternate. Ratusan spesies ikan yang hidup di sini menjadikan tempat ini sangat ideal untuk diving dan snorkeling.

3. Pantai Tobololo
Ini adalah satu-satunya pantai yang memiliki pasir putih di Pulau Ternate. Berlokasi di Jalan Batu Angus, Kecamatan Togafo, Kota Ternate, Maluku Utara. Uniknya di sini terdapat sumber air panas yang tak jauh dari bibir pantai.
Kenikmatan lainnya ialah air laut yang bersih serta riak ombak yang menjilat bibir pantai, rumpun pohon sagu yang menyejukkan, serta lembar nyiur yang diterpa hembusan angin laut.
  • Budaya :
     Objek wisata budaya dan peniggalan sejarah yang menarik di Malut di antaranya Kesultanan Ternate, benteng peninggalan kolonial di Ternate, Tidore dan Bacan serta bekas pangkalan Sekutu pada Perang Dunia II di Kabupaten Pulau Morotai.
  • Buatan :
     Provinsi Maluku yang terkenal memiliki banyak talenta berbakat di dunia tarik suara ini ternyata juga menyimpan pesona alam yang sangat indah. Ini membuat Maluku Utara layak untuk kamu jadikan tujuan destinasi berikutnya. Ini dia destinasi wisata Maluku Utara yang bisa kamu singgahin dan dijamin akan menjadi salah satu pengalamanmu yang mengesankan.


Benteng Tolukko
Benteng TolukkoSelain keindahan pantainya, Maluku Utara pun memiliki objek wisata sejarah, contohnya Benteng Tolukko yang terletak di Kelurahan Sangadji, Ternate Utara yang dibangun sekitar tahun 1540 oleh seorang panglima Portugis kemudian mengalami beberapa kali perbaikan hingga kini.
Benteng Tolukko tegak diatas pondasi batuan beku dengan membentuk ruang bawah tanah, lorong dan halaman serta bangunan utama berbentuk persegi. Benteng ini akan membawa kita pada kenangan zaman penjajahan. Ini cocok sekali untuk kamu yang menggemari wisata sejarah.


3. Something to do
     Hal yang dapat kita lakukan dimaluku utara atau yg sering dikenal dengan sebutan malut adalah kita bisa menikmati indahnya pantai salah satunya pantai sulamadaha ternate, kita juga bisa menikmati potensi budaya dan bahari nya karena disana terdapat banyak wisata, budaya dan bahari.

   Something to see
1. Wisata Alam
Jika di Pulau Jawa terdapat Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi dan dipercaya sebagai tempat peristirahatan para dewa, maka di Maluku Utara ada Gunung Gamalama yang juga memiliki mitos dan keindahan alam yang luar biasa.

2. Wisata Bahari
Teluk Jailolo sudah cukup dikenal sebagai tempat untuk diving. Panorama alam bawah laut yang berupa karang besar dan ikan hias yang berwarna-warni dengan air yang jernih menjadi daya tariknya yang paling utama.

3. Wisata Seni dan Budaya
Di area provinsi Maluku Utara, setahun sekali digelar Festival Teluk Jailolo. Selain itu ada juga Festival Legu Gam yang diselenggarakan oleh Kesultanan Ternate. Beberapa seni budaya khas Maluku Utara yang sudah cukup terkenal diantaranya adalah Tari Cakalele yang melibatkan setidaknya 30 orang penari laki-laki dan perempuan.

   Something to buy

1.Batik Ternate dan Motif Historisnya Kaya akan Nilai Budaya
Batik Ternate

Setelah memborong aneka macam oleh-oleh yang berupa makanan, jangan lupa untuk melengkapi koleksi cinderamata khas Ternate. Salah satunya adalah Batik Ternate. Batik Ternate memiliki corak motif khas yang membedakannya dari batik-batik di daerah lain. Motif Batik Ternate adalah cengkeh dan pala.

2.Aksesori Sisik Ikan, Perhiasan Unik dari Tanah Maluku
Aksesoris Sisik Ikan

Kerajinan tangan khas Ambon, dan beberapa wilayah di Maluku Utara tidak lepas dari pengaruh kekayaan hasil laut. Dilihat dari bentuk geografisnya yang berupa kepulauan dan dikelilingi lautan membuat masyarakat setempat dapat memanfaatkan hasil laut dengan maksimal. Salah satu yang paling unik dan menarik adalah aksesoris sisik ikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar